Monday, April 9, 2007

just a little words on death

Saya tidak tahu, sejak kapan saya menyukai gagasan tentang kematian, terutama kematian saya sendiri, meski saya juga tidak tahu apa sebenarnya yang membuat kematian begitu menggiurkan. Seperti permen, barangkali. Tapi saya tak pernah melarikan diri dari imaji yang menurut saya agung tentang kematian. Saat nafas enggan lagi berhembus, saat nyawa dan raga bersitegang, saya selalu penasaran akan ekspresi orang akan kematian saya, meski lebih sering saya membayangkan kematian yang sunyi, yang dinikmati sendiri.

Saya bahkan membayangkan tak ada yang mengetahui kematian saya hingga saya hanya belulang (seolah sekarang saya punya sesuatu di tubuh ini selain tulang). Entahlah. pikir ini selalu merayapi pikir saya, berulangkali, dengan sedikit improvisasi di sana- sini, kadang sampai agak ekstrim sampai saya pikir saya amat sinting hanya karena telah berimajinasi seperti itu.

Teman saya suatu kali bertanya, 'Kenapa berpikir mati? Kenapa ingin bunuh diri?' Saya jawab tidak tahu. Bukannya main rahasia-rahasiaan karena ingin disebut misterius, tapi entahlah, saya juga tidak mengerti. Saya yakin dalam hidup ini ada banyak hal yang patut dihidupi, bahwa hidup ini begitu mempesonakan. Namun, kematian begitu erat merekat dalam pikiran saya.

Saya tak punya pengalaman yang indah dengan kematian. Saya seringkali sedih jika yang saya sayangi mati, termasuk kucing-kucing saya. Lalu ada apa dengan kematian? Kadang saya pikir saya tak begitu berharga bagi kehidupan yang amat saya kagumi, dan sebaiknya saya mengundurkan diri dari dunia ini.

Lain kala, saya berpikir bahwa kematian menjadi kesunyian terindah, atau protes paling radikal bagi kehidupan. Ada juga masa ketika saya pikir, hidup dan mati sama-sama absurd, maka kenapa tidak mati saja sekalian? Toh saya sudah cukup menjilati beberapa absurditas dari sekelumit kehidupan singkat dan sempit yang sempat saya lalui. Berbagai alasan memenuhi pikiran saya, tapi tak pernah cukup. Tak pernah cocok. Selalu, pada akhirnya dapat saya bantah tanpa mengubah pemikiran saya tentang indahnya bunuh diri, mati muda dan sendirian saja.

Lalu kenapa saya jatuh cinta pada kematian? Pada kata 'mati' dan akankah cinta ini berakhir, seperti cinta saya pada beberapa hal lain? Saya tidak tahu. Mungkin takkan pernah tahu. Mungkin takkan pernah lagi ingin tahu. Entahlah...

2 comments:

said...

World Of Warcraft gold for cheap
wow power leveling,
wow gold,
wow gold,
wow power leveling,
wow power leveling,
world of warcraft power leveling,
wow power leveling,
cheap wow gold,
cheap wow gold,
maternity clothes,
wedding dresses,
jewelry store,
wow gold,
world of warcraft power leveling
World Of Warcraft gold,
ffxi gil,
wow account,
world of warcraft power leveling,
buy wow gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
wow power leveling
world of warcraft gold,
wow gold,
evening gowns,
wedding gowns,
prom gowns,
bridal gowns,
oil purifier,
wedding dresses,
World Of Warcraft gold
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow power level,
wow power level,
wow power level,
wow power level,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow po,
wow or,
wow po,
world of warcraft gold,
cheap world of warcraft gold,
warcraft gold,
world of warcraft gold,
cheap world of warcraft gold,
warcraft gold,buy cheap World Of Warcraft gold
Maple Story mesos,
MapleStory mesos,
ms mesos,
mesos,
SilkRoad Gold,
SRO Gold,
SilkRoad Online Gold,
eq2 plat,
eq2 gold,
eq2 Platinum,
EverQuest 2 Platinum,
EverQuest 2 gold,
EverQuest 2 plat,
lotro gold,
lotr gold,
Lord of the Rings online Gold,
wow powerleveling,
wow powerleveling,
wow powerleveling,
wow powerleveling,world of warcraft power leveling
ffxi gil,ffxi gil,ffxi gil,ffxi gil,final fantasy xi gil,final fantasy xi gil,final fantasy xi gil,final fantasy xi gil,world of warcraft gold,cheap world of warcraft gold,warcraft gold,world of warcraft gold,cheap world of warcraft gold,warcraft gold,guildwars gold,guildwars gold,guild wars gold,guild wars gold,lotro gold,lotro gold,lotr gold,lotr gold,maplestory mesos,maplestory mesos,maplestory mesos,maplestory mesos, maple story mesos,maple story mesos,maple story mesos,maple story mesos,
z3n6h7bu

said...

World Of Warcraft gold for cheap
wow power leveling,
wow gold,
wow gold,
wow power leveling,
wow power leveling,
world of warcraft power leveling,
world of warcraft power leveling
wow power leveling,
cheap wow gold,
cheap wow gold,
buy wow gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
world of warcraft gold,
wow gold,
world of warcraft gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold
buy cheap World Of Warcraft gold g3h6p7qy