Monday, April 9, 2007

tentang citra dan ketakutan

Saya tidak mengerti, ada orang yang sebegitu ketakutan akan citra yang moyak. Saya tahu, kondisi sosial di Indonesia memang begitu senewen masalah citra. Saya juga mesti mafhum, apabila ada beberapa orang dibesarkan dengan aturan jaga citra yang amat rumit, ketat, agak menegangkan bahkan mungkin mengerikan. Saya hanya tak suka jika saya harus ikut-ikutan ketakutan sebentuk citra yang rusak, padahal saat itu keadaan tak begitu berbahaya. Saya kadang begitu kesal karena akhirnya saya harus memikirkan banyak pendapat orang lain. Saya merasa kenyamanan hidup saya sedikit terampas karena itu. Saya benci. Saya tak mau ikut-ikutan memikirkan kemungkinan dosa dari tak menjaga citra. Saya benci saya harus terlibat dengan hal-hal semacam ini, dan bermimpi buruk tentang begitu mengerikannya citra saya di mata orang lain. Tolong, saya tak mau terjebak lebih dalam akan citra yang koyak. Tolong, saya takut...

No comments: