Tuesday, April 12, 2011

berhenti menulis

saya sedang memikirkan untuk berhenti menulis. sulit memang. rasanya seperti keinginan untuk berhenti makan, yang kadang-kadang kumat dan membuat saya kurus kering. memang, ini disebabkan oleh saya semacam perasaan kesia-siaan. saya merasa apa yang saya tulis biasa saja dan nyaris tidak berguna. bukan bermaksud untuk kualat pada jempol-jempol dan komentar yang katakanlah, menganggap tulisan saya cukup lumayan (dan membuat saya ge-er tentu), tapi saya kan cuma nulis tentang saya. apa gunanya. sedang untuk menulis diluar hal itu saya belum juga mampu. saya juga tidak menafikan bahwa baru saja ada teman yang minta di-tag tulisan saya yang lama, dan dia bilang terserah mau tag yang mana. barangkali itu cukup berarti bahwa dia memperhatikan tulisan saya dan cukup menyukainya. lalu apa gunanya?

keraguan ini memang muncul karena dipicu oleh orang lain juga. tentu, dia tak bisa sepenuhnya dianggap orang lain. tapi rasanya tak adil membebankan masalah seperti ini padanya. oh, dewadewa, rasanya sesak memikirkan berhenti menulis, ketika saya tahu, ini setidaknya hal yang paling bisa saya lakukan dengan riang dan agak becus, mengingat saya tidak bisa mengerjakan apapun dengan baik, dan saya selalu merasa (tentu, sebagian karena saya selalu dikata-katai "apa sih yang bisa becus kamu lakukan?" sialnya, ketika saya menulis, sebagian besar yang mengata-ngatai saya itu gak appreciate sama tulisan saya. dari situ juga mungkin, saya jadi merasa tulisan saya percuma, dan seakan-akan menjadi pelarian karena saya malas melakukan hal lain.)

saya memang cengeng. sentimentil. mungkin karena itu juga labil dan menyebalkan. mungkin karena itu juga saya merasa harus lari dari banyak hal, dan menganggap hidup saya aneh karena saya tidak sesuai untuk kehidupan. mungkin karena itu juga saya mudah kecewa pada diri saya dan orang lain. meski pada akhirnya, selalu merasa saya yang salah dan jahat. ah, betapa sakitnya perasaan seperti ini. betapa saya mesti banyak-banyak menangis lagi, betapa saya ingin tidur dan tak perlu bangun lagi.

kamar: rabu, 18 november 2009. 04....-05.19 WIB

No comments: